top of page
Search
  • bababared

Kenalikan Kuri, The Robot Gemes dari Jerman

Las Vegas - Tubuh kecil dan agak bulat, matanya berkedip-kedip dan merespons setiap ucapan, membuat Kuri terlihat menggemaskan. Ini adalah robot yang bisa menjadi teman yang menghibur di rumah.


Mayfield Robotics, sebuah startup robot yang didanai oleh produser Jerman Bosch, mengembangkan robot rumahan yang imut ini. Kuri mengadopsi sistem yang mirip dengan Amazon Echo, yang dapat merespons perintah suara. Ada roda di bagian bawah tubuh yang memungkinkan Kuri berjalan-jalan mengikuti Anda di dalam rumah.


Robot Yang Terinfirasi Dari Film


Sekilas, bentuk Kuri mengingatkan Baymax, robot kesehatan kekar dalam film animasi Disney Big Hero 6. Bedanya, Kuri lebih kecil dan lebih ramping. Tingginya sekitar 60 cm dan tidak terlalu bulat.


Di balik penampilannya yang menggemaskan, Kuri dilengkapi dengan teknologi canggih. Mayfield Robotics VP Software Ben Kearns menemukan bahwa Kuri telah membawa teknologi terbaru di bidang smartphone, game, dan robotika.


"Kuri memiliki kamera resolusi 1080p dan kemampuan untuk memutar audio. Kami juga dapat meminta Kuri untuk mengatur musik atau membaca cerita. Matanya bisa berkedip dan dia bisa mengangguk dan menggelengkan kepalanya. Lucu, kan?" Kata Ben dalam satu sesi acara Consumer Electronics Show (CES) 2017 di Las Vegas pada hari Rabu



Kuri mendengarkan melalui empat mikrofon yang terpasang di tubuhnya. Mikrofon ini memungkinkan Kuri untuk mendengar suara di mana pun kita berada di rumah. Kuri juga memiliki speaker bawaan untuk membuat suara.


Sayangnya, Kuri tidak bisa menanggapi dengan kata-kata. Sebagai gantinya, Kuri akan mengeluarkan suara robot yang khas, gerakan cahaya dan mata untuk merespons lawan bicaranya.



Kuri Memiliki Beberapa Sensor

Ben menambahkan, Kuri juga memiliki sejumlah sensor yang mencegahnya menabrak benda atau jatuh saat berjalan. Selain bisa dikendalikan melalui perintah suara, kita juga bisa mengontrol Kuri melalui aplikasi di Android dan iOS.


Werner Struth, Anggota Dewan Manajemen Robert Bosch GmbH, yang pada konferensi pers memperkenalkan serangkaian perangkat Internet of Things (IoT) yang dikembangkan oleh Bosch, mengatakan bahwa Kuri hanyalah salah satu contoh yang menunjukkan bagaimana IoT menjadi sangat pribadi.


"Kami melihat bagaimana konektivitas membuat semuanya menjadi teman dan bahkan asisten kami. Kami melihat potensi besar di sini. Pada akhirnya, konektivitas mengubah kehidupan sehari-hari kami," katanya.


Itu karena pertama, konektivitas dapat mempersonalisasikan solusi bahkan lebih dari itu. Kedua, konektivitas dapat meningkatkan fungsionalitas produk yang ada dengan memungkinkan bekerja pada tugas tambahan. Ketiga, inovasi dirancang khusus untuk berinteraksi dengan pengguna.


Struth mengatakan, hampir semua orang menginginkan asisten pribadi yang dapat membuat hidup lebih mudah dan lebih nyaman, dan dapat menghemat waktu. Setidaknya ini terlihat dalam hasil penelitian yang dilakukan oleh Bosch.


Respon Baik Terhadap Robot Ini


"Lebih dari 60% responden ingin memiliki teknologi pintar yang dapat menemani mereka setiap hari. Menanggapi hal ini, kami ingin dapat memenuhi kehidupan sehari-hari konsumen dengan berbagai layanan dan solusi yang terhubung," katanya.


Lebih lanjut dia menambahkan, konektivitas lebih dari sekedar teknologi, tetapi telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia modern. Jadi Bosch berkomitmen untuk mengintegrasikannya pada banyak produk, termasuk salah satunya Kuri.


Kuri direncanakan akan mulai dijual pada pertengahan 2017 dan dibandrol dengan harga USD 699 atau sekitar Rp. 9,4 juta. (rns / yud)



10 views0 comments
bottom of page